MY PROFIL

Gambar Rencana Kampus Terpadu Pondok Pesantren Nurul Iman Bontang
PROFIL
SMK IT BANI ABDURRAHMAN BONTANG

BAB I
PENDAHULUAN

      A.   LATAR BELAKANG
Latar belakang dan tujuan pendirian sekolah:
Sebagai langkah konkrit mensukseskan program Dinas Pendidikan Nasional SMK Bisa!, Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman Bontang bertekad untuk berperan aktif dalam dunia pendidikan dengan mendirikan SMK IT Bani Abdurrahman. Kami sadar untuk mencetak generasi yang berkualitas diperlukan sarana prasarana dan tenaga pendidik dan pengelola yang handal, oleh karena itu sudah menjadi komitmen bahwa SMK IT Bani Abdurrahman dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Iman Bontang akan mencetak generasi yang unggul di berbagai bidang.

    B.   BENTUK DAN NAMA PENDIDIKAN
Sesuai dengan tujuan pendirian sekolah, maka bentuk dan nama pendidikan adalah sebagai berikut:

Satuan Pendidikan yang diusulkan
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU
Bentuk
SEKOLAH SWASTA
Nama Sekolah
SMK IT BANI ABDURRAHMAN
Lokasi
KECAMATAN  : BONTANG BARAT
KELURAHAN  : BELIMBING
ALAMAT          : JL. ARIF RAHMAN HAKIM
Badan Penyelenggara
YAYASAN  PONDOK PESANTREN NURUL IMAN BONTANG
NSS / NPSN
402166330012 / 69755557
Status Tanah / Bangunan
MILIK YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL IMAN  BONTANG

1.    Motto, Visi, Misi, Tujuan dan Strategi 

 M o t t o 
Unggul di IMTAQ  kwalitas di IPTEK. 
V i s i 
Mewujudkan sekolah yang menghasilkan generasi berakhlak mulia dan memiliki kemampuan bekerja mandiri serta menjadi prioritas bagi dunia usaha/industri.

M i s i 

  1. Menumbuhkan semangat penguasaan IPTEK dan IMTAQ bagi siswa di bidang yang diikutinya.
  2. Terwujudnya sekolah yang mandiri unggul dalam prestasi global dengan menyiapkan tenaga kerja dan pelaku bisnis yang handal serta berakhlak mulia.
  3. Melaksanakan sistem pembelajaran dan bimbingan yang efektif dan efisien secara maksimal.
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah yang memadai dan serasi.
  5. Membantu pengembangan diri dan pengenalan bakat serta minat siswa di bidang ketenagakerjaan dan pelaku bisnis.
  6. Memanfaatkan kemajuan teknologi secara progresif untukmemberikan kemudahan dan efektifitas proses belajar.
  7. Menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dasar untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, baik nasional maupun internasional. 
  8. Menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalimantan Timur.

Tujuan
a.    Tujuan Umum 

Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia produktif berakhlak mulia, mampu bekerja mandiri, dan dapat diserap oleh dunia usaha maupun industri serta dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. 

b.    Tujuan Khusus
  1. Mewujudkan Lembaga Pendidikan Kejuruan yang akuntabel sebagai Pusat Pembudayaan Kompetensi Berstandar Nasional.
  2. Mendidik Sumber Daya Manusia yang mempunyai etos kerja dan kompetensi berstandar internasional.
  3. Memberikan berbagai layanan Pendidikan Kejuruan yang permeabel dan fleksibel secara berkesinambungan (terintegrasi) antara jalur dan jenjang pendidikan.
  4. Memperluas layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.
  5. Mengangkat keunggulan lokal sebagai modal daya saing bangsa.
  6. Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.

           Tujuan Jangka Pendek (Tahun 2012-2013 )

1. Bidang kegiatan mengajar dan akademik
  1. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) menjadi 6,5.
  2. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) mata diklat        
  3. produktif menjadi 7,0.
  4. Pelaksanaan KBM pada program keahlian TKJ.

           2. Bidang Keterampilan
  1. 65 % siswa memiliki kemampuan penguasaan teknik sesuai denganprogram keahliannya.
  2. Memiliki program keahlian unggulan yang mendapat pengakuan lembaga sertifikasi keterampilan.
  3. 60 % siswa memilki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif.
  4. 85 % Siswa dapat mengoperasikan komputer secara aktif.

           3. Bidang Keagamaan
  1. 90 % siswa mampu membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar serta aktif dalam beribadah.
  2. Membiasakan pelaksanaan sholat wajib secara berjama’ah.
  3. Memiliki kemampuan mengisi Kultum.
  4. Memiliki kemampuan hafalan Alqur’an 1 Juz. 
  5. Melaksanakan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) sebulan sekali.
  6. Melaksanakan peringatan hari besar keagamaan. 
  7. Menjuarai MTQ Tingkat kota Bontang.

          4. Bidang Ekstrakurikuler
  1. Memiliki kemampuan merakit laptop.
  2. Memiliki kemampuan mendesain grafis dan editing video.

         5. Bidang Olahraga Prestasi
  1. Memilki Tim Sepak Takraw Putra yang berprestasi di tingkat kota Bontang.
  2. Memilki Tim Pencak Silat Putra dan putri yang berprestasi ditingkat kota Bontang.




          6. Bidang Seni Prestasi
  1. Memiliki Tim Hadroh yang memasyarakat dikota Bontang.
  2. Menghasilkan Tilawah dan Sari Tilawah yang memasyarakat dikota Bontang.

           7. Bidang Wiyata Mandala
  1. Membahas rencana mendirikan Masjid dalam lingkungan kampus dengan Pondok Pesantren.
  2. Membenahi taman di lingkungan sekolah.

           8. Bidang Sarana Prasarana
  1. Pengajuan Usulan bantuan (Ruang kegiatan belajar) RKB di lingkungan kampus.
  2. Penataan Bengkel jurusan : Renovasi bengkel TKJ.
  3. Pengadaan peralatan praktek pada bengkel TKJ.

           9. Bidang Ketenagaan
  1. Memiliki guru dan pegawai yang cukup.

          10. Bidang Administrasi Kantor
  1. Komputerisasi administrasi siswa.
  2. Penataan file administrasi kantor dan pengadaan meja kursi TU. 


          Tujuan Jangka Menengah 2013-2015

          1. Bidang kegiatan mengajar dan akademik
  1. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) mata diklat Normatif dan Adaptif menjadi 6,8.
  2. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) mata diklat produktif menjadi 7,2.
  3. Meningkatkan jumlah lulusan yang diserap oleh dunia kerja menjadi  80 % dan melanjutkan keperguruan tinggi 20%.
  4. Membuka program keahlian Teknik Kimia.

           2. Bidang Keterampilan
  1. 70 % siswa memiliki kemampuan penguasaan teknik sesuai dengan program keahliannya.
  2. program keahlian unggulan yang mendapat pengakuan lembaga sertifikasi keterampilan.
  3. 65 % siswa memilki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif.
  4. Siswa mampu mengembangkan teknologi komputer secara aktif.

           3. Bidang Keagamaan
  1. 95 % siswa mampu membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar serta aktif dalam beribadah.
  2. Siswa memiliki kemampuan menghafal Al-Quran 5 juz.
  3. Siswa mampu memandikan, mengkafani, dan mensholatkan jenazah.
  4. Siswa mampu mengisi ceramah.
  5. Siswa melaksanakan Iktikaf 10 hari terakhir di bulan ramadhan.
  6. Menjuarai MTQ Tingkat Provinsi.

           4. Bidang Ekstrakurikuler
  1. Berprestasi pada lomba keterampilan Siswa (LKS) di tingkat kota Bontang.
  2. Memiliki siswa yang berminat untuk pengembangan kelas wirausaha.
  3. Pengadaan program tambahan Diklat Komputer bagi siswa.

           5. Bidang Olahraga Prestasi
  1. Menjuarai lomba Sepak Takraw Putra di tingkat kota Bontang.
  2. Menjuarai lomba Pencak Silat Putra dan putri di tingkat kota.
          6. Bidang Seni Prestasi
  1. Memiliki Tim Hadroh yang berprestasi dikota Bontang.
  2. Memiliki Tilawah dan Sari Tilawah yang berprestasi dikota Bontang.

           7. Bidang Wiyata Mandala
  1. Membahas rencana mendirikan Masjid dalam lingkungan kampus dengan Pondok Pesantren.
  2. Membenahi taman di lingkungan sekolah.

          8. Bidang Sarana Prasarana
  1. Penambahan 2 RKB di lingkungan kampus.
  2. Melengkapi peralatan bengkel TKJ.
  3. Membangun saluran irigasi di lingkungan kampus.
  4. Usulan pembuatan pagar keamanan di kampus.

        9. Bidang Ketenagaan
  1. Memiliki guru dan pegawai yang cukup. 
  2. Memiliki guru produktif yang sesuai kualifikasi.

         10. Bidang Administrasi Kantor
  1. Komputerisasi semua administrasi kantor. 
  2. Lemari arsip dan file administrasi kantor lengkap.

          Tujuan Jangka Panjang 2015-2020

          1. Bidang kegiatan mengajar dan akademik 
  1. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) mata Diklat Normatif dan Adaktif menjadi 7,0.
  2. Meningkatkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM) mata Diklat produktif menjadi 7,5. 
  3. Meningkatkan jumlah lulusan yang diserap oleh dunia kerja menjadi  80 % dan melanjutkan keberguruan tinggi 20%.
  4. membuka program keahlian Teknik Otomotif.

           2. Bidang Keterampilan
  1. 80 % siswa memiliki kemampuan penguasaan teknik sesuai dengan program keahliannya.
  2. Memiliki program keahlian unggulan yang mendapat pengakuan lembaga sertifikasi keterampilan.
  3. 70 % siswa memilki kemampuan berbahasa Inggris secara aktif.
  4. Siswa mampu mengembangkan teknologi komputer secara aktif.

           3. Bidang Keagamaan
  1. 98 % siswa mampu membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar serta aktif dalam beribadah.
  2. Siswa memiliki kemampuan menghafal Al-Quran 30 juz.
  3. Siswa mampu memimpin merawat  jenazah dari awal sampai akhir.
  4. Siswa mampu mengisi kutbah Jum’at dan kutbah sholat hari raya.
  5. Siswa melaksanakan Iktikaf 10 hari terakhir di bulan ramadhan.
  6. Menjuarai MTQ Tingkat Nasional.

           4. Bidang Ekstrakurikuler
  1. Berprestasi pada lomba keterampilan Siswa (LKS) di tingkat kota, Provinsi dan Nasional. 
  2. Memiliki siswa yang berminat untuk pengembangan kelas wirausaha.
  3. Pengadaan program tambahan Diklat Komputer bagi siswa.

           5. Bidang Olahraga Prestasi
  1. Menjuarai lomba Sepak Takraw Putra di tingkat Provinsi dan Nasional.
  2. Menjuarai lomba Pencak Silat Putra dan putri di tingkat provinsi dan nasional.
  3. Mengembangkan prestasi di bidang olah raga yang lain.

           6. Bidang Seni Prestasi
  1. Memiliki Tim Hadroh yang berprestasi di tingkat Provinsi dan Nasional.
  2. Memiliki Tilawah dan Sari Tilawah yang berprestasi di tingkat provinsi dan nasional.
  3. Mengikutsertakan lomba desain grafis dan berprestasi.
  4. Mengikutsertakan lomba kaligrafi dan berprestasi.

           7. Bidang Wiyata Mandala
  1. Mewujudkan berdirinya Masjid dalam lingkungan kampus dinPondok Pesantren.
  2. Membenahi taman di lingkungan sekolah.

           8. Bidang Sarana Prasarana
  1. Penambahan 2 RKB di lingkungan kampus.
  2. Melengkapi peralatan bengkel TKJ, kimia dan otomotif.
  3. Membangun saluran irigasi di lingkungan kampus.
  4. Mewujudkan pembuatan pagar keamanan di kampus.

          9.   Bidang Ketenagaan
  1. Memiliki guru dan pegawai yang cukup.
  2. Memiliki guru produktif yang sesuai kualifikasi.

           10. Bidang Administrasi Kantor
  1. Komputerisasi semua administrasi kantor .
  2. Lemari arsip dan file administrasi kantor lengkap.

  2.         S t r a t e g i 

Memperhatikan motto, visi, misi, tujuan umum, tujuan khusus serta analisis keadaan dan potensi sekolah, SMK IT Bani Abdurrahman Bontang melaksanakan strategi sebagai berikut:
  1. Menambah jam mata pelajaran produktif dengan memperhatikan mata pelajaran yang lain sehingga tidak mempengaruhi atau mengurangi materi pelajaran yang diajarkan.
  2. Mengadakan kerjasama dengan dunia usaha/industri yang terkait dengan TKJ.
  3. Menambah waktu pelaksanaan prakerin untuk lebih memperkaya wawasan, pengalaman, keahlian dan ketrampilan.
  4. Mengintensifkan kegiatan intra dan ekstrakurikuler sehingga dapat menghasilkan prestasi yang dapat dibanggakan.
  5. Mendisiplinkan etos kerja guru dan karyawan di lingkungan SMK IT Bani Abdurrahman.
  6. Memaksimalkan semua bentuk kegiatan yang diadakan sekolah, Dinas Pendidikan dan lembaga pemerintah yang lain.
  7. Mengadakan bimbingan hafalan Al-Quran secara rutin.
  8. Mengembangkan peran aktif orangtua murid untuk memperlancar kegiatan sekolah.
  9. Mengikuti semua jenis lomba atau pertandingan yang diadakan pada tingkat kota, propinsi nasional maupun internasional.
  10. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai media pengembangan diri.
  11. Melaksanakan Field Study (Studi Lapangan).
  12. Mengefektifkan PBM dengan metode dan media pembelajaran yang variatif.
  13. Berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan lomba, baik lokal, nasional maupun internasional.
  14. Peningkatan kompetensi guru melalui lokakarya/workshop, diklat dan studi banding.
  15. Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran sesuai  perkembangan zaman sehingga memungkinkan terlaksananya   pembelajaran yang barbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  16. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan lembaga-lembaga dan sumber belajar di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  17. Melaksanakan Konsultasi Siswa (Kosis).
  18. Program bimbingan Hafalan Al-Quran, Olimpiade Sains, dan komputer.


BAB II
KURIKULUM

Amanat pokok Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang ditindaklanjuti  oleh Permen nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional jo. Permen nomor 29 tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan relevensi pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia seutuhnya, yakni aspek pengetahuan, moral, akhlak, budi pekerti, kesehatan, keterampilan, seni dan budaya. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan dalam pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup serta menyesuaikan diri dan berhasil dalam kehidupan. Kurikulum ini dikembangkan lebih lanjut sesuai kondisi daerah dan sekolah.
Sesuai dengan otonomi daerah, sekolah dapat mengembangkan silabus yang berupa pengembangan strategi pembelajaran, tatap muka, pengalaman belajar, dan instrumen penilaiannya yang mengarah pada kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar